: Praktikum IPA di SD Ekosistem Darat ini termasuk dalam MODUL 2 : Makhluk hidup dan Lingkungannya dalam Kegiatan Praktikum 1. Berikut pratikumnya :
Untuk lebih lengkapnya Praktikum IPA di SD Ekosistem Darat bisa didownload di sini:
Download 1
Download 2
Download 3
A.
TUJUAN
Membandingkan
komponen-komponen yang terdapat pada ekosistem darat alami dan buatan.
B.
ALAT DAN BAHAN
a. Seperangkat
alat tulis
b. Loup/kaca
pembesar
c. Barometer
d. Lingkungan
sekitar
C.
CARA KERJA
1.
Tentukan ekosistem
darat alami di sekitar tempat tinggal atau sekolah tempat anda mengajar yang
akan kita amati komponen-komponennya.
2.
Setelah anda temukan
tempatnya, kemudian amati komponen-komponen abiotiknya meliputi suhu udara,
pencahayaan, angin, jenis/warna tanah.
3.
Untuk mengetahui suhu
udara gunakan barometer, sementara untuk mengetahui keadaan pencahayaan, angin,
atau tanah anda dapat memperbaikiknya saja.
4.
Catat semua data pada Tabel 2.1 dalam lembar kerja.
5.
Setelah mengamati
komponen abiotik, anda perhatikan
komponen biotiknya. Catatlah semua makhluk hidup yang ada di ekosistem
tersebut.
6.
Mulailah mencatat
jenis tumbuhan sebagai produsen yang ada. Jika
dapat lengkapi dengan nama latinnya.
7.
Catat semua jenis hewan
sebagai konsumen yang anda temui di ekosistem tersebut, baik yang tetap maupun
yang hanya singgah (hewan terbang).
8.
Amati lebih teliti
hewan-hewan kecil yang mungkin terdapat di dalam tanah/dekat permukaan, atau pada sela-sela daun/batang.
Gunakan kaca pembesar jika perlu.
9.
Semua data dicatat pada
table 2.2 yang ada di lembar
kerja.
10. Sebagai
pembanding, tentukan suatu ekosistem darat buatan yang ada di sekitar tempat
tinggal atau sekolah tempat mengajar anda.
Lakukan semua kegiatan dari nomor 2 sampai nomor 8 seperti di atas. Kemudian
semua data dicatat pada tabel 2.3 dan tabl 2.4 dalam lembar kerja.Untuk lebih lengkapnya Praktikum IPA di SD Ekosistem Darat bisa didownload di sini:
Download 1
Download 2
Download 3