Wednesday, October 5, 2016

Strategi Pembelajaran Berdasarkan Proses Pengolahan Pesan

 
    Dilihat dari aspek proses pengolahan pesan, strategi  pembelajaran dapat di kelompokan menjadi dua jenis, yaitu strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif. Berikut ini penjelasannya:
1. Strategi Pembelajaran Deduktif
    Strategi pembelajaran deduktif adalah strategi dimana materi pelajaran diolah dari yang umum, generalisasi atau rumusan konsep atau rumusan aturan, dilanjutkan ke hal yang khusus, yaitu penjelasan bagian-bagiannya atau atribut-atributnya dengan menggunakan berbagai contoh atau ilustrasi. Proses pembelajarannya pada materi makhluk hidup yaitu sebagai berikut:
a. Guru menuliskan rumusan konsep tersebut di papan tulis.
b. Siswa diminta mengidentifikasi atribut-atribunya, yaitu memerlukan makanan, bergerak, tumbuh, berkembang biak, dan bernafas. Setiap atribut yang dikemukakan siswa ditulis di papan tulis (di bawah rumusan konsep).
c. Siswa diminta menjelaskan tiap atribut dengan menggunakan berbagai contoh. Guru melengkapi atau menjelaskan lebih jauh pendapat siswa. Dalam hal ini akan lebih baik jika digunakan alat peraga.
d. Siswa diminta mengidentifikasi jenis-jenis makhluk hidup dan atribut-atributnya.
Strategi  pembelajaran deduktif tepat digunakan apabila konsep yang akan dibahas merupakan konsep baru bagi siswa atau waktu yang tersedia untuk membahas suatu konsep relatif terbatas.
2. Strategi Pembelajaran Induktif
    Strategi pembelajaran induktif adalah strategi dimana materi pelajaran diolah mulai dari yang khusus, bagian atau atribut, menuju ke yang umum, yaitu generalisasi atau rumusan konsep atau aturan. Proses pembelajarannya pada materi wujud benda yaitu sebagai berikut:
a. Siswa diminta untuk mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitarnya.
b. Siswa diminta untuk menuliskan nama-nama benda tersebut di papan tulis sesuai dengan wujud benda.
c. Siswa diminta untuk mengelompokkan benda-benda tersebut dalam kelompok benda padat, benda cair, atau benda gas. Apabila ada siswa yang salah dalam mengelompokkan benda-benda tersebut, guru dapat meminta siswa untuk membetulkannya.
d. Siswa diminta untuk menulisakan jenis-jenis wujud benda.
    Demikian strategi pembelajaran berdasarkan proses pengolahan pesan beserta dengan proses pembelajarannya. Bahwa pembelajaran berdasarkan proses pengolahan pesan ada dua jenis yaitu strategi pembelajaran deduktif dan strategi pembelajaran induktif. Anda dapat menggunakannya ketika anda sedang mengajar. Selanjutnya akan kita bahas Strategi Pembelajaran Berdasarkan Pihak Pengolah Pesan