Jika tadi sudah dibahas strategi pembelajaran berdasarkan proses pengolahan pesan, sekarang akan kita bahas strategi pembelajaran berdasarkan pihak pengolah pesan. Atas dasar pihak pengolah pesan, strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu strategi pembelajaran ekspositori dan pembelajaran heuristik.
1. Strategi Pembelajaran Ekspositori
Pada strategi pembelajaran ekspositori, guru yang mencari materi pelajaran yang akan diajarkan dari berbagai sumber, kemudian guru mengolahnya serta membuat rangkuman dan/atau mungkin membuat bagan. Guru menjelaskannya dan siswa hanya menerimanya kemudian mencatat, jadi guru lebih aktif daripada siswanya. Berikut ini proses pembelajaran dengan strategi ekspositori:
a. Guru menjelaskan materi pelajaran secara rinci kepada siswa. Pada saat menjelaskan, sebaiknya guru menggunakan alat peraga. Setelah selesai menjelaskan, guru melaksanakan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan.
b. Siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut.
c. Siswa diminta mencatat materi pelajaran dan/atau mempelajari kembali di rumah masing-masing.
2. Strategi Pembelajaran Heuristik
Pada strategi pembelajaran heuristik, guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar, siswa mencari sendiri materi pelajaran. Dalam strategi ini, guru tidak berada didepan dan menarik siswa untuk mengikutinya, tetapi siswa disuruh berada di depan, guru mengarahkan, memberi dorongan, membantu siswa yang mengalami kesulitan. Berikut ini proses pembelajaran dengan strategi heuristik pada materi keliling lingkaran:
a. Seorang atau dua orang siswa diminta mengukur keliling sebuah lingkaran bambu, yang telah disiapkan guru.
b. Siswa diminta menuliskan hasil pengukuran dipapan tulis (misal 154 cm).
c. Siswa lain diminta mengukur garis tengah lingkaran bambu tadi dan menuliskan hasilnya (misalnya 49 cm).
d. Semua siswa diminta membagi bilangan 154 dengan bilangan 49. Hasil yang diperoleh adalah 3,14.
Dengan demikian siswa menemukan rumus memcari keliling lingkaran adalah 22/7 x R
e. Siswa diberi tugas menentukan keliling sebuah lingkaran yang lain dengan diketahui garis tengahnya.
Demikian strategi pembelajaran berdasarkan pihak pengolah pesan beserta proses pembelajarannya. Silahkan pilih strategi yang menurut anda cocok untuk digunakan.