Thursday, November 24, 2016

Contoh Skenario Membaca Bersama Buku Bacaan Berjenjang

membaca bersama
www.alamanahbantani.sch.id

SKENARIO MEMBACA BERSAMA

Kelas           : I (Satu)
Jenjang        : B-1
Tanggal       : 6 Oktober 2016
Fokus          : Memprediksi
Judul Buku  : Di Kebun Binatang
Waktu          : 1 x 35 menit

A.  Pendahuluan
1.      Pengelolaan Kelas
a.       Mengajak anak untuk berdoa bersama.
b.      Mengucapkan salam.
c.       Mengabsen anak.
2.      Menyampaikan tujuan dan fokus belajar.
3.      Menyampaikan kontrak belajar.
a. Selama kegiatan pembelajaran membaca bersama-sama, anak-anak mengikuti dan memperhatikan kegiatan belajar.
b.  Siswa mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan guru dan menjawab setelah ditunjuk oleh guru.
c.       Memberi tepuk tangan untuk siswa yang menjawab dengan benar.
4.      Menyampaikan apersepsi.
a.       Siapa yang mempunyai binatang dirumah?
b.      Anak menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua”

B.  Kegiatan Inti
No
Halaman
Uraian Kegiatan, Daftar Pertanyaan
Media
Ket
1
Cover
1.   Anak-anak ini disebut buku besar.
2.   Buku ini berjudul “Kebun Binatang”.
3.   Apa warna sampulnya?
4.   Buku ini ditulis oleh Nyoman Sri Utami.
5.   Gambarnya bagus tidak anak-anak?
6.   Orang yang melukis atau menggambar pada buku ini disebut ilustrator.
7.   Ilustrator buku ini adalah Doni Duarsa.
8.   Apa saja yang kalian lihat pada gambar?
9.    Kira-kira apa ya cerita buku ini?
Buku Besar
atau
Big Book

2
Hal 2-3
1.   Anak-anak diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya mengenai gambar.
3.   Guru bersama anak-anak membaca kalimat.


3
Hal 4-5
1.   Anak-anak diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa kira-kira apa yang sedang dilakukan anak dalam gambar.
3.   Guru membacakan kalimat.


4
Hal 6-7
1.    Anak-anak diajak untuk mengamati gambar.
2.    Guru bertanya jawab mengenai gambar.
3.    Guru bersama siswa membaca kalimat.


5
Hal 8-9
1.   Anak-anak diajak mengamati gambar.
2.   Guru bertanya jawab mengenai gambar.
3.   Guru membaca kalimat.


6
Hal 10-11
            1.   Anak-anak diajak mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa kira-kira apa yang dilakukan anak pada gambar.
3.   Guru dan anak membaca bersama.


7
Hal 12-13
1.   Anak diajak mengamati gambar.
2.   Guru bertanya jawab mengenai gambar.
3.   Guru membacakan kalimat.


8
Hal 14-15
            1. Anak diajak mengamati gambar.
            2.   Guru bertanya jawab mengenai gambar.
            3.   Guru membacakan kalimat.


9
Hal 16
            1.   Anak-anak diajak mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa kira-kira apa yang dilakukan anak pada gambar.
3.   Guru dan anak membaca bersama.



C.  Kegiatan Penutup
1.      Guru mengadakan refleksi.
2.      Guru menyampaikan pesan moral.
a.       Bahwa kita harus menyayangi binatang.
b.      Tidak menyakiti binatang.
c.       Apabila ada sarang burung, ada telurnya jangan kita ambil, karena akan membunuh generasi.