Kelas : I (Satu)
Jenjang : B-1
Tanggal : 6 Oktober 2016
Fokus : Memprediksi
Judul
Buku : Di Kebun Binatang
Waktu : 1 x 35 menit
A. Pendahuluan
1. Pengelolaan
Kelas
a. Mengajak
anak untuk berdoa bersama.
b. Mengucapkan
salam.
c. Mengabsen
anak.
2. Menyampaikan
tujuan dan fokus belajar.
3. Menyampaikan
kontrak belajar.
a. Selama
kegiatan pembelajaran membaca bersama-sama, anak-anak mengikuti dan
memperhatikan kegiatan belajar.
b. Siswa
mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan guru dan menjawab setelah ditunjuk
oleh guru.
c. Memberi
tepuk tangan untuk siswa yang menjawab dengan benar.
4. Menyampaikan
apersepsi.
a. Siapa
yang mempunyai binatang dirumah?
b. Anak
menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua”
B. Kegiatan Inti
No
|
Halaman
|
Uraian
Kegiatan, Daftar Pertanyaan
|
Media
|
Ket
|
1
|
Cover
|
1.
Anak-anak ini disebut buku besar.
2.
Buku ini berjudul “Kebun
Binatang”.
3.
Apa warna sampulnya?
4.
Buku ini ditulis oleh Nyoman Sri
Utami.
5.
Gambarnya bagus tidak anak-anak?
6.
Orang yang melukis atau
menggambar pada buku ini disebut ilustrator.
7.
Ilustrator buku ini adalah Doni
Duarsa.
8.
Apa saja yang kalian lihat pada
gambar?
9.
Kira-kira apa ya cerita buku ini?
|
Buku Besar
atau
Big Book
|
|
2
|
Hal 2-3
|
1.
Anak-anak diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya mengenai gambar.
3.
Guru bersama anak-anak membaca
kalimat.
|
||
3
|
Hal 4-5
|
1.
Anak-anak diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
kira-kira apa yang sedang dilakukan anak dalam gambar.
3.
Guru membacakan kalimat.
|
||
4
|
Hal 6-7
|
1.
Anak-anak diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya jawab mengenai
gambar.
3.
Guru bersama siswa membaca
kalimat.
|
||
5
|
Hal 8-9
|
1.
Anak-anak diajak mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya jawab mengenai
gambar.
3.
Guru membaca kalimat.
|
||
6
|
Hal 10-11
|
1. Anak-anak
diajak mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
kira-kira apa yang dilakukan anak pada gambar.
3.
Guru dan anak membaca bersama.
|
||
7
|
Hal 12-13
|
1.
Anak diajak mengamati gambar.
2.
Guru bertanya jawab mengenai
gambar.
3.
Guru membacakan kalimat.
|
||
8
|
Hal 14-15
|
1. Anak
diajak mengamati gambar.
2. Guru
bertanya jawab mengenai gambar.
3. Guru
membacakan kalimat.
|
||
9
|
Hal 16
|
1. Anak-anak
diajak mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
kira-kira apa yang dilakukan anak pada gambar.
3.
Guru dan anak membaca bersama.
|
C. Kegiatan Penutup
1. Guru
mengadakan refleksi.
2. Guru
menyampaikan pesan moral.
a. Bahwa
kita harus menyayangi binatang.
b. Tidak
menyakiti binatang.
c. Apabila
ada sarang burung, ada telurnya jangan kita ambil, karena akan membunuh
generasi.