Kelas : II (Dua)
Jenjang : C-2
Tanggal : 6 Oktober 2016
Fokus : Kosa Kata dan Tanda Baca
Judul
Buku : Gembira
Waktu : 1 x 35 menit
A. Pendahuluan
1. Pengelolaan
kelas
a. Guru
mengajak semua siswa berdoa menurut kepercayaan masing-masing.
b. Guru
mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
c. Guru
membagi siswa menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 7 siswa untuk membaca
terbimbing dan siswa lain mengerjakan lembar kerja.
2. Penyampaian
kontrak belajar.
a. Siswa
yang tidak mengikuti kegiatan membaca terbimbing tidak boleh menganggu siswa
yang sedang mengikuti kegiatan membaca terbimbing, begitu juga sebaliknya.
b. Untuk
siswa yang mengikuti kegiatan mebaca terbimbing, terlebih dahul mengangkat
tangan sebelum menjawab pertanyaan guru dan tidak boleh menjawab sebelum
ditunjuk oleh guru.
c. Siswa
mengacungkan 2 jempol kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.
3. Apersepsi
B. Kegiatan Inti
No
|
Halaman
|
Uraian
Kegiatan, Daftar Pertanyaan
|
Media
|
Ket
|
1
|
Cover
|
1.
Anak-anak ini disebut buku bacaan
berjenjang.
2.
Apa warna sampulnya?
3.
Buku ini berjudul “Gembira”.
4.
Buku ini ditulis oleh Nyoman Sri
Utami.
5.
Gambarnya bagus tidak anak-anak?
6.
Orang yang melukis atau
menggambar pada buku ini disebut ilustrator.
7.
Ilustrator buku ini adalah Sari
Hatma.
8.
Apa saja yang kalian lihat pada
gambar?
|
Buku
Berjenjang
|
|
2
|
Hal 2-3
|
1.
Siswa diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Gambar apa anak-anak?”
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membaca kalimat dalam buku.
4.
Guru bertanya mengenai tanda baca
yang ada dibacaan.
5.
Guru mengklarifikasi nama tanda
baca dan fungsinya.
6.
Guru bertanya kepada siswa
tentang sinonim dan antonim kata “gembira”
7.
Guru mengklarifikasi sinonim dan
antonim kata “gembira”
|
||
3
|
Hal 4-5
|
1.
Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Gambar apa anak-anak?”
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membaca kalimat dalam buku.
4.
Guru bertanya mengenai tanda baca
yang ada pada kalimat.
5.
Guru bertanya kepada siswa
tentang sinonim kata “pinggir”
6.
Guru mengklarifikasi sinonim kata
“pinggir”.
|
||
4
|
Hal 6-7
|
1. Siswa
diajak untuk mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Momo sedang naik apa?”
3.
Guru meminta salah siswa untuk
membacakan kalimat.
4.
Guru bertanya jawab dengan siswa
tentang “perahu dan kapal”.
5.
Guru mengklarifikasi perbedaan
“perahu dan kapal”.
|
||
5
|
Hal 8-9
|
1.
Siswa diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Momo sedang mandi dimana?”
3.
Guru meminta salah siswa untuk
membacakan kalimat.
4.
Guru bertanya jawab dengan siswa
tentang “kolam”.
5.
Guru mengklarifikasi mengenai
makna kata “kolam”
|
||
6
|
Hal 10-11
|
1.
Siswa diajak untuk mengamati
gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar.
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membacakan kalimat.
4.
Guru bertanya kepada siswa arti
kata “semak”.
5.
Guru mengklarifikasi arti kata
“semak” yaitu “tumbuhan yang memiliki ranting kecil dan rendah”
|
||
7
|
Hal 12-13
|
1. Siswa
diajak untuk mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Momo sekarang ada dimana?”.
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membacakan kalimat.
4.
Guru bertanya kepada siswa arti
kata “lumpur”.
5.
Guru mengklarifikasi arti kata
“lumpur” yaitu “tanah yang becek”.
|
||
8
|
Hal 14-15
|
1. Siswa
diajak untuk mengamati gambar.
2.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membacakan kalimat.
3.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Setelah bermain dilumpur, Momo sekarang ada dimana?”
|
||
9
|
Hal 16
|
1. Siswa
diajak untuk mengamati gambar.
2.
Guru bertanya kepada siswa
mengenai gambar “Apa yang dilakukan momo dikamar mandi?”
3.
Guru meminta salah satu siswa
untuk membacakan kalimat.
4.
Guru bertanya kepada siswa arti
kata “mandi”.
5.
Guru mengklarifikasi arti kata
mandi yaitu “membersihkan seluruh tubuh dengan air dan sabun”
|
C.
Kegiatan
Penutup
1. Guru
melakukan umpan balik
2. Guru
menyampaikan pesan moral kepada siswa bahwa “kita harus selalu membersihkan
badan setelah bermain”.