Friday, November 25, 2016

Contoh Skenario Membaca Terbimbing Buku Bacaan Berjenjang

www.prioritaspendidikan.org

SKENARIO MEMBACA TERBIMBING
Kelas           : II (Dua)
Jenjang         : C-2
Tanggal        : 6 Oktober 2016
Fokus           : Kosa Kata dan Tanda Baca
Judul Buku   : Gembira
Waktu          : 1 x 35 menit
A.  Pendahuluan
1.      Pengelolaan kelas
a.       Guru mengajak semua siswa berdoa menurut kepercayaan masing-masing.
b.      Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
c.       Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 7 siswa untuk membaca terbimbing dan siswa lain mengerjakan lembar kerja.
2.      Penyampaian kontrak belajar.
a.       Siswa yang tidak mengikuti kegiatan membaca terbimbing tidak boleh menganggu siswa yang sedang mengikuti kegiatan membaca terbimbing, begitu juga sebaliknya.
b.      Untuk siswa yang mengikuti kegiatan mebaca terbimbing, terlebih dahul mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan guru dan tidak boleh menjawab sebelum ditunjuk oleh guru.
c.       Siswa mengacungkan 2 jempol kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.
3.      Apersepsi
B.  Kegiatan Inti
No
Halaman
Uraian Kegiatan, Daftar Pertanyaan
Media
Ket
1
Cover
1.   Anak-anak ini disebut buku bacaan berjenjang.
2.   Apa warna sampulnya?
3.   Buku ini berjudul “Gembira”.
4.   Buku ini ditulis oleh Nyoman Sri Utami.
5.   Gambarnya bagus tidak anak-anak?
6.   Orang yang melukis atau menggambar pada buku ini disebut ilustrator.
7.   Ilustrator buku ini adalah Sari Hatma.
8.   Apa saja yang kalian lihat pada gambar?
Buku
Berjenjang

2
Hal 2-3
1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Gambar apa anak-anak?”
3.   Guru meminta salah satu siswa untuk membaca kalimat dalam buku.
4.   Guru bertanya mengenai tanda baca yang ada dibacaan.
5.   Guru mengklarifikasi nama tanda baca dan fungsinya.
6.   Guru bertanya kepada siswa tentang sinonim dan antonim kata “gembira”
7.   Guru mengklarifikasi sinonim dan antonim kata “gembira”


3
Hal 4-5
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Gambar apa anak-anak?”
3.   Guru meminta salah satu siswa untuk membaca kalimat dalam buku.
4.   Guru bertanya mengenai tanda baca yang ada pada kalimat.
5.   Guru bertanya kepada siswa tentang sinonim kata “pinggir”
6.   Guru mengklarifikasi sinonim kata “pinggir”.


4
Hal 6-7
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Momo sedang naik apa?”
3.   Guru meminta salah siswa untuk membacakan kalimat.
4.   Guru bertanya jawab dengan siswa tentang “perahu dan kapal”.
5.   Guru mengklarifikasi perbedaan “perahu dan kapal”.


5
Hal 8-9
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Momo sedang mandi dimana?”
3.   Guru meminta salah siswa untuk membacakan kalimat.
4.   Guru bertanya jawab dengan siswa tentang “kolam”.
5.   Guru mengklarifikasi mengenai makna kata “kolam”


6
Hal 10-11
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar.
3.   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan kalimat.
4.   Guru bertanya kepada siswa arti kata “semak”.
5.   Guru mengklarifikasi arti kata “semak” yaitu “tumbuhan yang memiliki ranting kecil dan rendah”


7
Hal 12-13
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Momo sekarang ada dimana?”.
3.   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan kalimat.
4.   Guru bertanya kepada siswa arti kata “lumpur”.
5.   Guru mengklarifikasi arti kata “lumpur” yaitu “tanah yang becek”.


8
Hal 14-15
1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan kalimat.
3.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Setelah bermain dilumpur, Momo sekarang ada dimana?”


9
Hal 16
            1.   Siswa diajak untuk mengamati gambar.
2.   Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar “Apa yang dilakukan momo dikamar mandi?”
3.   Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan kalimat.
4.   Guru bertanya kepada siswa arti kata “mandi”.
5.   Guru mengklarifikasi arti kata mandi yaitu “membersihkan seluruh tubuh dengan air dan sabun”



            C.     Kegiatan Penutup
1.      Guru melakukan umpan balik
2.    Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa bahwa “kita harus selalu membersihkan badan setelah bermain”.