Berikut ini adalah contoh Karya Ilmiah (Karil) yang dibuat untuk memenuhi tugas Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) di Universitas Terbuka (UT). Silahkan dibaca dan dapat anda jadikan referensi:
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN UTAMA
TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI MEDIA OBJEK LANGSUNG DI KELAS II SEMESTER 1 SD
N XXXXXXXXXXXXX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRAK
Dalam
pemebelajaran IPA terutama materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan hasil
belajar siswa masih rendah, siswa juga kurang antusias, dan siswa membutuhkan
benda nyata atau objek langsung untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan penggunaan media
objek langsung sebagai media media pembelajaran.
Penelitian
dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus 1, proses pembelajaran masih belum
memuaskan karena siswa saling berebut dan
guru kurang melakukan bimbingan. Pada siklus 2, semua kegiatan
pembelajaran sudah berjalan dengan baik, karena guru telah memperbaiki
kesalahan pada siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
pada materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan dapat ditingkatkan melalui
media objek langsung. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) ketuntasan belajar siswa pada Siklus 1 sebesar 42,85%
dengan nilai rata-ratanya mencapai 68,20 dan mengalami peningkatan pada Siklus
2 sebesar 78,57% dengan nilai rata-ratanya mencapai 72,85 dan 2) penggunaan media objek
langsung dapat meningkatkan perhatian siswa dan siswa dapat mengamati langsung
benda nyata sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan penelitian,
disarankan agar guru menggunakan objek langsung sebagai media pembelajaran
dalam khususnya materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.
Kata kunci: hasil
belajar, objek langsung, hewan dan tumbuhan.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dalam
masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk
karakter diri, dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih
baik.
Pada sebuah jenjang pendidikan formal, Sekolah Dasar (SD)
adalah jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah
anak-anak. Pada Kurikulum
Pendidikan Dasar, tujuan pendidikan dasar yaitu memberi bekal kemampuan dasar
untuk membaca, menulis dan berhitung, wawasan dan ketrampilan dasar yang
berguna bagi peserta didik disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Selain
itu, pendidikan dasar juga mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti
pendidikan pada tahapan selanjutnya, yakni pendidikan di Sekolah Menengah
Pertama (SMP). Sejalan dengan hal itu, belajar merupakan suatu proses
pendidikan yang mencakup semua aspek jasmani maupun rohani yang disesuaikan
dengan minat,
bakat, kemampuan, kecerdasan, serta tipe belajar.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) salah
satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar, maka dari itu mutu
pembelajaran IPA harus ditingkatkan. Pada mata pelajaran IPA kelas II materi
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, siswsa kesulitan menerima
pelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah sehingga nilai rata-rata ulangan
harian yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Dalam
hal ini, guru sebagai salah satu faktor penting dalam kegiatan pembelajaran.
Guru dituntut untuk mengembangkan keprofesionalannya demi meningkatkan kualitas
pembelajarannya. Guru harus senantiasa mengetahui kelemahan-kelemahan dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari dari itu, guru harus dapat
memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
Hal diatas menjadi bahan pertimbangan
peneliti untuk melaksanakan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas dengan
menerapkan media objek langsung dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
pada Materi Bagian Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan Melalui Media Objek Langsung
di Kelas II Semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX Tahun Pelajaran 2016/2017”
1.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
masalah diatas, peneliti menemukan beberapa masalah antara lain:
a.
Siswa kurang antusias dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran.
b.
Proses pembelajaran yang dilakukan guru
membuat siswa cepat bosan.
c.
Rendahnya hasil belajar siswa pada
materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.
2. Analisis Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah
yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya hasil
belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan antara
lain:
a.
Guru kurang dalam pemanfaatan media
pembelajaran.
b.
Kurangnya inovasi dalam cara atau metode
penyampaian materi pelajaran.
c.
Guru hanya menyampaikan materi dengan
metode ceramah.
d.
Guru mentransfer ilmu sebanyak mungkin
kepada peserta didik tanpa memperhatikan karakteristik siswa yang beragam.
3. Alternatif dan Prioritas Pemecahan
Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas,
peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan media objek langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah
dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Apakah
penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di kelas II semester 1 SD N
XXXXXXXXXXXXX?
2. Bagaimana
penggunaan media objek langsung pada mata materi bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan di kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX?
C. Tujuan Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka tujuan penelitian perbaikan pembelajaran adalah sebagai
berikut:
1. Meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX dengan media objek langsung.
2. Mendeskripsikan
bagaimana penggunaan media objek langsung pada materi bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX.
D. Manfaat Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
Hasil
dari penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Bagi
siswa, meningkatnya hasil belajar siswa dan meningkatnya penguasaan siswa
terhadap materi.
2. Bagi
guru sebagai peneliti, mengatasi berbagai permasalahan yang dialami guru selama
proses pembelajaran IPA di kelas dan penambahan wawasan dalam upaya
pengembangan profesionalitasnya.
3. Bagi
guru, membantu guru untuk berinovasi dalam pengembangan dan penerapan media
pembelajaran IPA.
4. Bagi sekolah, diharapkan
dapat memberikan masukan bagi sekolah untuk perbaikan pembelajaran IPA, dapat
menambah wahana pembelajaran menjadi lebih variatif untuk memajukan
pembelajaran di masa yang akan datang.
Nah demikian Contoh Karya Ilmiah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Universitas Terbuka. Untuk lebih untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload versi lengkapnya di link berikut ini CONTOH KARYA ILMIAH PKP UT