Saturday, February 18, 2017

Contoh Karya Ilmiah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Universitas Terbuka

Berikut ini adalah contoh Karya Ilmiah (Karil) yang dibuat untuk memenuhi tugas Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) di Universitas Terbuka (UT). Silahkan dibaca dan dapat anda jadikan referensi:


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN UTAMA TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI MEDIA OBJEK LANGSUNG DI KELAS II SEMESTER 1 SD N XXXXXXXXXXXXX
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ABSTRAK

          Dalam pemebelajaran IPA terutama materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan hasil belajar siswa masih rendah, siswa juga kurang antusias, dan siswa membutuhkan benda nyata atau objek langsung untuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan penggunaan media objek langsung sebagai media media pembelajaran.
          Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada siklus 1, proses pembelajaran masih belum memuaskan karena siswa saling berebut dan  guru kurang melakukan bimbingan. Pada siklus 2, semua kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik, karena guru telah memperbaiki kesalahan pada siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan dapat ditingkatkan melalui media objek langsung. Kesimpulan penelitian ini yaitu 1) ketuntasan belajar siswa pada Siklus 1 sebesar 42,85% dengan nilai rata-ratanya mencapai 68,20 dan mengalami peningkatan pada Siklus 2 sebesar 78,57% dengan nilai rata-ratanya mencapai 72,85 dan 2) penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan perhatian siswa dan siswa dapat mengamati langsung benda nyata sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan penelitian, disarankan agar guru menggunakan objek langsung sebagai media pembelajaran dalam khususnya materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.

Kata kunci: hasil belajar, objek langsung, hewan dan tumbuhan.

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu proses pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya untuk menambah ilmu pengetahuan, membentuk karakter diri, dan mengarahkan peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Pada sebuah jenjang pendidikan formal, Sekolah Dasar (SD) adalah jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak. Pada Kurikulum Pendidikan Dasar, tujuan pendidikan dasar yaitu memberi bekal kemampuan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung, wawasan dan ketrampilan dasar yang berguna bagi peserta didik disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Selain itu, pendidikan dasar juga mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan pada tahapan selanjutnya, yakni pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sejalan dengan hal itu, belajar merupakan suatu proses pendidikan yang mencakup semua aspek jasmani maupun rohani yang disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, kecerdasan, serta tipe belajar.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar, maka dari itu mutu pembelajaran IPA harus ditingkatkan. Pada mata pelajaran IPA kelas II materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, siswsa kesulitan menerima pelajaran dan hasil belajar siswa masih rendah sehingga nilai rata-rata ulangan harian yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Dalam hal ini, guru sebagai salah satu faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengembangkan keprofesionalannya demi meningkatkan kualitas pembelajarannya. Guru harus senantiasa mengetahui kelemahan-kelemahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Maka dari dari itu, guru harus dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
Hal diatas menjadi bahan pertimbangan peneliti untuk melaksanakan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media objek langsung dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian Utama Tubuh Hewan dan Tumbuhan Melalui Media Objek Langsung di Kelas II Semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX Tahun Pelajaran 2016/2017”
1.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, peneliti menemukan beberapa masalah antara lain:
a.    Siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
b.    Proses pembelajaran yang dilakukan guru membuat siswa cepat bosan.
c.    Rendahnya hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.
2.    Analisis Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan antara lain:
a.    Guru kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran.
b.    Kurangnya inovasi dalam cara atau metode penyampaian materi pelajaran.
c.    Guru hanya menyampaikan materi dengan metode ceramah.
d.   Guru mentransfer ilmu sebanyak mungkin kepada peserta didik tanpa memperhatikan karakteristik siswa yang beragam.
3.    Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media objek langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Apakah penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX?
2.    Bagaimana penggunaan media objek langsung pada mata materi bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX?

C.  Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian perbaikan pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.    Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX dengan media objek langsung.
2.    Mendeskripsikan bagaimana penggunaan media objek langsung pada materi bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan kelas II semester 1 SD N XXXXXXXXXXXXX.

D.  Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.  Bagi siswa, meningkatnya hasil belajar siswa dan meningkatnya penguasaan siswa terhadap materi.
2.   Bagi guru sebagai peneliti, mengatasi berbagai permasalahan yang dialami guru selama proses pembelajaran IPA di kelas dan penambahan wawasan dalam upaya pengembangan profesionalitasnya.
3. Bagi guru, membantu guru untuk berinovasi dalam pengembangan dan penerapan media pembelajaran IPA.
4. Bagi sekolah, diharapkan dapat memberikan masukan bagi sekolah untuk perbaikan pembelajaran IPA, dapat menambah wahana pembelajaran menjadi lebih variatif untuk memajukan pembelajaran di masa yang akan datang.
Nah demikian Contoh Karya Ilmiah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) Universitas Terbuka. Untuk lebih untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload versi lengkapnya di link berikut ini CONTOH KARYA ILMIAH PKP UT