Tuesday, November 15, 2016

Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran

   
  Dalam implementasi kurikulum, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena suatu pendekatan tertentu yang digunakan dalam implementasi kurikulum membawa implikasi terhadap penggunaan strategi, metode, dan teknik pembelajaran tertentu pula. Lantas apa yang dimaksud dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran? Berikut penjelasannya:
1. Pendekatan Pembelajaran
    Menurut Killen (1998) ada dua pendekatan utama yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru (teacher-centered) dan pendekatan yang berpusat pada aktivitas siswa (students-centered). Pembelajaran yang berpusat pada guru, hendaknya guru merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan hubungan antar komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan pendekatan yang berpusat pada siswa, hendaknya siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
2. Strategi pembelajaran
   Setelah memutuskan tentang pendekatan yang akan diterapkan, guru memilih strategi pembelajaran. Menurut Joni (1992/1993) strategi pembelajaran adalah ilmu atau kiat di dalam memanfaatkan segala sumber yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan menurut Dimyati dan Soedjono, bahwa strategi pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari pembentukan sistem pembelajaran. 
3. Metode pembelajaran
    Metode berarti cara, Menurut Joni (1992/1993) metode pembelajaran adalah berbagai cara yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu. Metode lebih menekankan pada guru. Jadi metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa. Berbagai metode mengajar seperti ceramah, diskusi, tanya-jawab, simulasi, pemberian tugas.
4. Teknik Pembelajaran
    Menurut Joni (1992/1993), teknik pembelajaran mengacu pada ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan guru, dan kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa dan sebagainya. Teknik pembelajaran merupakan wujud konkret dari penggunaan metode, strategi dan pendekatan pembelajaran. Dari langkah-langkah atau teknik pembelajaran, kita dapat mengetahui metode, strategi, dan pendekatan yang digunakan dalam suatu proses pembelajaran.
    Demikian perbedaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang terkadang kita bingung dalam menjelaskannya. Semoga dapat membantu.